Mengenal Penyakit Borderline Personality Disorder


Jika mendorong seseorang untuk bunuh diri, maka BPD ( borderline personality disorder )  memang merupakan gangguan jiwa serius yang perlu penanganan segera.
Secara ilmiah, BPD merupakan penyakit jiwa yang mempengaruhi cara pandang orang lain atau penderitanya terhadap dirinya sendiri.

Sebagai akibat dari BPD, seseorang dapat mengembangkan masalah dengan harga diri, mengalami kesulitan mengendalikan diri dan perilaku mereka, dan memiliki hubungan yang tidak stabil dengan orang lain.

Biasanya, BPD akan diderita ketika seseorang mulai tumbuh. Kondisi ini bisa bertambah parah jika tidak segera ditangani oleh ahlinya. Jika orang yang dicintai, anggota keluarga, atau rekan kerja menunjukkan salah satu gejala di atas, ada baiknya untuk tidak langsung menghakimi. Lebih baik, sarankan dia untuk pergi ke dokter dan melakukan konsultasi.

Apa yang menyebabkan BPD terjadi pada seseorang?

Seperti kebanyakan penyakit mental, penyebab BPD masih belum sepenuhnya dipahami. Namun, para peneliti kesehatan mental percaya jika BPD disebabkan oleh faktor bawaan dari kehidupan sekitar lingkungan, seperti pengalaman masa kecil yang traumatis.

Ada banyak hal kompleks yang terjadi di otak penderita BPD. Para peneliti juga mencari “rahasia” di otak pasien. Pada dasarnya, jika Anda memiliki BPD, otak Anda sangat waspada. Hal-hal di sekitar Anda tampak lebih menakutkan dan membuat Anda stres daripada orang lain.

Saat BPD menyerang, Anda dipicu untuk bertahan “secara primitif” dan tidak menangani situasi dengan benar.┬áJangan pernah menyerah. Karena kondisi ini bisa diobati. Beberapa obat-obatan, seperti meditasi, dapat memberikan efek yang sangat baik.

Selain itu, psikoterapi dan obat-obatan, seperti antidepresan, antipsikotik, dan penstabil suasana hati, juga dapat mengurangi gejala BPD. Dengan kesabaran dan dedikasi, Anda dapat mengubah cara Anda berpikir, merasa, dan bertindak menjadi lebih baik.

Komplikasi yang dapat timbul dari BPD

BPD dapat membahayakan berbagai aspek kehidupan Anda, seperti hubungan dengan seseorang, termasuk teman atau orang yang dicintai, pekerjaan, sekolah, kegiatan sosial untuk harga diri. Gangguan jiwa BPD tidak bisa dianggap enteng, mengingat banyaknya komplikasi yang bisa timbul. Oleh karena itu, bantuan psikolog, keluarga, orang terkasih dan kerabat dekat sangat dibutuhkan untuk mengalahkan BPD.